Indonesia Mengajar


Direkomendasikan untuk dikunjungi : https://indonesiamengajar.org/

Indonesia Mengajar percaya bahwa masyarakat pasti bisa mandiri dan tumbuh saling menguatkan satu sama lain, dan meyakini bahwa kemajuan pendidikan di suatu daerah ditentukan oleh para pelaku pendidikan yang ada di daerah tersebut, yaitu guru, kepala sekolah, orang tua, pemerintah kabupaten serta masyarakat lainnya.

Untuk itu pendekatan program yang dipilih Indonesia Mengajar bersifat holistik yaitu:

1. Mengirim orang, bukan uang/barang

Merekrut dan membekali generasi muda potensi terbaik bangsa yang memiliki semangat mengajar dan inisiatif tinggi terhadap perubahan. Pengajar Muda bertugas mengajar dan tinggal bersama masyarakat di desa selama satu tahun sekaligus menjadi inspirasi dan motivasi untuk anak-anak didiknya serta motor perubahan bagi pemangku kepentingan lain.

2. Melibatkan semua orang

Bekerja erat dengan berbagai pemangku kepentingan sebagai mitra langsung, yaitu: kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan pemerintah lokal (tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa).

3. Berfokus pada perubahan perilaku

Fokus pada perubahan perilaku individu dan seluruh pemangku kepentingan sebagai sebuah kesatuan entitas serta membangun komunikasi aktif dan positif di dalam entitas tersebut.

4. Bekerja jangka panjang

Menempatkan Pengajar Muda secara bergantian dan kontinu sampai 5 tahun di sebuah SD binaan untuk memastikan perubahan yang berkelanjutan tanpa menciptakan ketergantungan kepada sebuah sosok atau program.

Comments