Pendidikan Dasar sebagai awal pendampingan

PhotoDoc: Courtessy of Selvi Aldriani, NoBar XXI kelas VB SDN Tangerang 15

Selain PAUD dan Pendidikan Taman Kanak-kanak, Pendidikan Dasar di Indonesia adalah Jenjang sekolah dasar (SD). Sementara PAUD adalah awal pengenalan para anak-anak pada range usia Balita ke dalam dunia sekolah dan pendidikan, dan TK merupakan awal mengenal Dasar-dasar pembelajaran dan pengenalan Materi Pendidikan, maka SD merupakan implementasi kelanjutan dari pendidikan yang paling dasar PAUD dan TK.

Pada jenjang pendidikan SD inilah, para anak-anak mulai tumbuh dan berkembang dalam interaksi sosial yang lebih luas lagi, dengan Level Wajib belajar selama 6 tahun, maka anak-anak memang berada pada fase dimana mereka menyesuaikan pertumbuhan dalam segala aspek, baik akhlak dan ilmu pengetahuan, sampai dengan persiapan masuk kedalam usia remajanya ke arah jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMP.

Pada jenjang pendidikan SD inilah, benar-benar merupakan Dasar dari peletakan informasi dan pengenalan anak-anak pada lingkungan sosial yang beraneka ragam. Dengan durasi belajar 6 tahun pada lingkungan yang sama, sangat jelas terlihat jejak riwayat pertumbuhan karakter anak-anak yang begitu signifikan.

Disisi lain, pada jenjang Pendidikan Dasar ini, keterlibatan para orangtua, juga masih memiliki peran yang cukup luas, mengingat durasi ini adalah durasi dimana anak-anak masih membutuhkan orangtuanya, dan para orangtua pun, masih memberikan perhatian penuh kepada anak-anaknya.

Oleh karenanya peranan orang tua, sangat penting pada pendidikan dasar ini, karena Peletakan Dasar-dasar Akhlak berada pada durasi ini, sebelum mereka beranjak remaja dan masuk dalam lingkungan sosial di jenjang pendidikan SMP yang sudah mulai memiliki semangat untuk mandiri untuk mulai memisahkan diri dari orangtuanya secara perlahan-lahan, berbaur dengan sosialita persahabatannya disekolah, yang terutama ini terjadi memang karena fase pertumbuhan alami yang akan mereka jalani, sebelum masuk ke tinggat kedewasaan.

Semoga para orang tua bisa memanfaatkan momen pendidikan dasar sebagai bagian dari momen penting peletakan dasar akhlak para ananda tercinta, the Golden Moments.

Tantangan yang muncul di masyarakat pun sangat luar biasa, misalnya, para pengedar Narkoba, memulai upaya pengrusakan bangsa dengan menjual dan memasarkan narkoba bahka sejak usia DINI, yaitu melalui kudapan dan jajanan yang menyusup untuk dikonsumsi para anak-anak.

Mari kita memerangi semua bahaya yang akan merusak akhlak dan karakter anak-anak kita


Comments